RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
7.1
Sekolah : SMP Negeri 1 Cingambul
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok :
Percakapan (Paguneman)
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 minggu X 2 JP X 40 menit)
A.
Kompetensi Inti
7.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
7.2 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
7.3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
7.4 Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
7.1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Sunda sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana komunikasi melaluipaguneman, wawaran dan
atau iklan layanan masyarakat, pangalaman
pribadi, aksara Sunda, kaulinan barudak, dongéng, sajak, dan pupujian.
7.2.1 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menggunakan bahasa Sunda untuk
paguneman sehari-hari dan kaulinan barudak.
7.3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis
teks paguneman tentang kehidupan
sehari-hari sesuai dengan
kaidah-kaidahnya.
Indikator:
·
Mendeskripsikan isi percakapan
·
Mengidentifikasi
kaidah-kaidah teks percakapan (Struktur dan Bahasa).
7.4.1 Menyusun dan memperagakan paguneman tentang kegiatan sehari-hari.
Indikator:
·
Menyusun
teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
·
Memperagakan
percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
·
Menerapkan sikap
menghargai dalam berinteraksi secara efektif.
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali
informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan
konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat:
1)
Menunjukkan
perilaku beriman;
2)
Peserta didik
dapat menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab dan santun;
3)
Mendeskripsikan isi percakapan
4)
Mengidentifikasi kaidah-kaidah teks
percakapan (Struktur dan Bahasa).
5)
Menyusun teks percakapan tentang kegiatan
sehari-hari.
6)
Memperagakan percakapan tentang kegiatan
sehari-hari.
7)
Menerapkan sikap menghargai dalam
berinteraksi secara efektif.
D.
Materi Pembelajaran
1)
Fakta
- Beberapa contoh teks percakapan tentang kegiatan
sehari-hari
Conto Paguneman
Yosef: “Kunaon kamari teu sakola, Jun?”
Jujun: “Kamari kuring téh nyeri beuteuy euy.”
Yosef: “Nyeri beuteung pédah kunaon? Tambarakan teuing atuda Jujun mah.”
Junjun:”Ah teu pira jajan baso tuluy nginum cai és kamari téh”
Yosef: ”Meureun lada teuing basona nya? Jaba deuih ayeuna téh keur usum
ngijih.”
Jujun: “Enya puguh lada teuing basona.”
Yosef: “Matak gé ari jajan téh
ulah tambarakan. Untung nyeri beuteungna ukur sapoé.”
Jujun: “Enya. Tuluy kamari kumaha Sef di Sakola aya ulangan teu?”
Yosef: “Ari ulangan mah euweuh, ngan aya tugas keterampilanti Pa Iwa.”
Jujun: “Cik atuh kuring nempo soalna, pan kuring mah can ngarti.”
Yosef: “Enya, keun urang pigawe babarengan waé isukan.”
Jujun: “Sip lah.”
- Contoh video rekaman percakapan
2)
Konsep
- Pengertian percakapan
Paguneman asal kecapna tina gunem nu
ngandung harti Kecap ngomong silih témpas, dina basa Indonesia disebutna
percakapan atawa dialog.
- Struktur teks percakapan
a.
Jejer
b.
Palaku
c.
Latar
d.
Eusi
e.
Amanat
3)
Prinsip
- Karakteristik teks percakapan
Paguneman
atawa guneman mangrupa
omongan anu silih témpas antara anu nyarita (panyatur) jeung aya nu ngaregepkeun
(pamiarsa) tapi duanana bisa bulak-balik, anu penting dina paguneman mah nyaéta hubungan timbal balik
(interaksi) antara panyatur jeung pamiarsa. Béda jeung biantara anu sipatna ngan
ukur saarah ti panyatur wungkul.
4)
Prosedur
- Kaidah-kaidah téks percakapan
Struktur jeung tata basa anu digunakeun dina éta paguneman luyu henteu
jeung undak-usuk basa dina basa Sunda.
E.
Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Scientific dan Komunikatif
- Model : Discovery Learningdan Project Based Learning
- Teknik : Diskusi, Tanya Jawab, Role Play
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
- Multimedia
- Internet
2.
Alat/Bahan
- Teks Percakapan
- Media Cetak
- Perangkat Audio-Video (Speaker, Pemutar
CD/DVD)
- Proyektor
- Komputer
- CD/DVD/Flashdisk
3.
Sumber
Belajar
- Buku Siswa Basa
Sunda Kelas 7(Disdik Provinsi Jawa Barat, 2013)
- Panitia Kamus LBSS. 1995.Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Tarate
- Sudaryat, Yayat. 2003. Ulikan
Wacana Basa Sunda. Bandung: CV. Geger Sunten
- Majalah
- Koran
- Website
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ü
Pertemuan Pertama (2 JP X 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
·
Peserta didik mengikuti pembelajaran yang dibuka dengan mengucapkan salam, kemudian dicek kehadirannya.
·
Peserta didikdiberikan motivasi dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat.
·
Peserta didik memperoleh penjelasan
mengenai tujuan pembelajaran
· Untuk menggali konsepsi awal siswa, siswa dan guru melakukan
apersepsi dengan menggali informasi dan
mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5
orang.
1. Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Mengamati
·
Peserta didik
mengamati tayangan video rekaman/teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari
yang terdapat dalam buku siswa dan atau majalah/surat
kabar berbahasa Sunda.
·
Peserta didik
mengamati kaidah-kaidah dalam teks/video rekaman percakapan.
b.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi percakapan tentang kegiatan
sehari-hari yang diamati melaui tayangan video rekaman/teks percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang kaidah-kaidah dalam tayangan video rekaman/teks percakapantentang
kegiatan sehari-hari.
c.
Mengeksplorasi
·
Masing-masing peserta didik
dalam kelompoknya mengidentifikasi isi tayangan video/teks percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
·
Masing-masing peserta didik
dalam kelompoknya mengidentifikasi kaidah-kaidah dalam teks percakapan tentang
kegiatan sehari-hari.
d.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik secara berkelompok
menyimpulkan isi pecakapan tentang kegiatan sehari-hari yang ditayangkan dalam
video rekaman atau melalui teks percakapan yang dibacanya.
·
Peserta didiksecara berkelompok menyimpulkan kaidah-kaidah percakapan
dari tayangan video/teks yang dibacanya.
e.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menyampaikan
hal-hal yang berhubungan dengan isi percakapan tentang kegiatan sehari-hari
yang diamati dalam tayangan video rekaman/teks percakapan, menggunakan bahasa
Sunda yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
·
Peserta didik menyampaikankaidah-kaidah
teks/video percakapan tentang kegiatan sehari-hari, menggunakan bahasa sunda
yang baik dengan jujur, tanggung jawab dan santun.
2. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Peserta didik bersama peserta guru berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang isi
teks percakapan dan kaidah-kaidahnya.
·
Peserta didik bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Peserta didik menerima informasi
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Peserta didik menutup
pembelajaran dengan mensyukuri nikmat Tuhan dan mendoakan agar pembelajaran
yang telah dilakukan bermanfaat bagi peserta didik.
ü
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·
Peserta didik mengikuti pembelajaran yang dibuka dengan mengucapkan salam, kemudian dicek kehadirannya.
·
Peserta didikdiberikan motivasi dengan mendoakan agar pembelajaran yang akan dilakukan
berlangsung baik dan bermanfaat.
·
Peserta didik memperoleh penjelasan
mengenai tujuan pembelajaran
· Untuk menggali konsepsi awal siswa, siswa dan guru melakukan
apersepsi dengan menggali informasi dan
mengaitkan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 4-5
orang
(anggotanya bisa sama atau berbeda dengan kelompok pada
pertemuan pertama).
2. Kegiatan Inti (55 menit)
a. Mengamati
·
Peserta didik mengamati
struktur penyusunan teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
·
Peserta didik
mengamati peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan
peserta didik lainnya
b.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan penyusunan
teks percakapan.
c.
Mengeksplorasi
·
Peserta didikmendiskusikan
tentang penyusunan teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
d.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik secara berkelompok
menyusun teks percakapan tentang kegiatan sehari-hari dengan tema yang berbeda
setiap kelompoknya.
e.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik memperagakan
percakapan tentang kegiatan sehari-hari yang disusun kelompoknya di depan kelas
dengan tanggung jawab.
·
Peserta didik menyampaikan
tanggapan terhadap peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-hari oleh
peserta didik lain, menggunakan bahasa yang baik dengan jujur, tanggung jawab
dan santun serta saling menghargai.
1. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Peserta didik bersama guru berdiskusi untuk membuat kesimpulan kelas tentang proses peragaan percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
·
Peserta didik bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Peserta didik menerima informasi
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Peserta didik bersama guru
menutup pembelajaran dengan mengucap syukur dan mendoakan agar pembelajaran
yang telah dilakukan bermanfaat bagi siswa.
H.
Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
a. Kompetensi Sikap:
·
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan:
·
Tes Tulis
c. Kompetensi Keterampilan:
·
Tugas
·
Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. Kompetensi Sikap:
·
Lembar Pengamatan Sikap
Mata Pelajaran :
Bahasa Sunda
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Ajaran :
Waktu Pengamatan:
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Keterangan:
1.
BT (belum tampak)
jika sama sekali tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas.
2.
MT (mulai tampak)
jika menunjukkan sudah usaha ada yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.
MB (mulai
berkembang) jika menunjukkan ada usaha yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.
MK (membudaya)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
b.
Kompetensi Pengetahuan:
·
Soal Tes Tulis
1)
Lamun dititénan tina paguneman anu dilakukeun ku A jeung
B, kira-kira naon hubungan antara A jeung B téh?
2)
Naon anu jadi jejer dina
paguneman anu tadi teh?
3)
Sebutkeuneusi éta paguneman!
4)
Kumaha basanu digunakeun dina éta paguneman teh?
5)
Naon amanat tina paguneman nu
tadi?
·
Kunci Jawaban
1)
Babaturan
2)
Jujun teu sakola lantaran
gering
3)
Eusi tina paguneman eta
teh nyaeta Yosef nanyakeun ka Jujun kunaon manehna teu bet teu sakola poe
kamari. Yosef nyarita yen manehna nyeri
beuteung lantaran jajan seblak lada tuluy nginum es.
4)
Basa anu digunakeunana
nyaeta basa loma
5)
Amanat tina paguneman anu
tadi nyaeta lamun barangtuang urang ulah tambarakan kudu merhatikeun kasehatan
diri pribadi sangkan teu jadi panyakit.
c.
Kompetensi Keterampilan:
·
Lembar Penilaian Teks
Paguneman
(a)
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Isi
(1-3)
|
Organisasi (1-3)
|
Diksi (1-3)
|
Struktur (1-3)
|
||
|
|
|
|
|
|
·
Lembar Penilaian Unjuk Kerja (b)
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Tampilan (1-3)
|
Kesesuaian
(1-3)
|
Kelancaran (1-3)
|
Bahasa (1-3)
|
||
|
|
|
|
|
|
3.
Pedoman Penskoran
(1)
Penilaian Afektif (NA)
· Skala Skor: 1-4
· Skor Maksimal = 16/4 = 4
· Nilai Afektif = Skor Diperoleh
(2)
Penilaian Pengetahuan (NP)
· Skala skor: 1-2
· Skor Maksimal = 2x5 = 10
· Nilai Kognitif (NP) = Skor Diperoleh
(3)
Penilaian Ketrampilan (NK)
· Skala skor: 1-3
Katerangan:
a.
Skor 1: kurang lengkap
b.
Skor 2: cukup lengkap
c.
Skor 3 : lengkap
· Skor Maksimal
masing-masing(a) dan (b) = 3X4 = 12
· Skor Diperoleh = (a)+(b)
· Nilai Psikomotor = Skor Diperoleh/1,2
(4)
Nilai Total
NT =
|
NP + NK
2,2
|
|
Mengetahui
Majalengka, 29
Juni 2016
Kepala
SMPN 1 Cingambul Guru
Mata pelajaran Bahasa Daerah
SUBANDRIO,
S.Pd., M.Pd Drs.
Muh. Yusuf Syaefudin,M.Pd.
NIP.
19620714 198102 1 002 NIP.
19690512 199702 1 001
Ass ...
BalasHapuskang yusuf punten ngagaduhan perangkat pembelajaran Bhs Sunda SMP kls 7 Kurtilas ? upami aya nyuhunkeun kanggo conto